RESUME PKKMB DAY ONE

 



JUDUL : SAATNYA UBAH DIRI MENJADI LEBIH BAIK DAN BERMAKNA.

Haaloo semuaa!!!! Apakabar? Aku harap kalian tetap terjaga dari lindungan Allah SWT.

 Nah, Kali ini aku akan menuliskan materi yang saya dapat pada pkkmb hari pertama.

Kita sebagai Mahasiswa tentunya akan menjadi pemuda penerus bangsa yang ingin memiliki masa depan yang indah. Dan itu tentu tidak bisa digapai dengan singkat,padat dan mudah. Pasti kita perlu sebuah usaha untuk mengantar kita kepada tujuan. Apa aja sih usahanya?

Perlu yang namanya Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental dan anti Intoleransi.

Dalam kehidupan sehari-hari, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong.

Revolusi Mental adalah suatu gerakan untuk mendidik manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, serta mempunyai jiwa api.

Gerakan revolusi mental semakin relevan bagi bangsa Indonesia yang saat ini tengah menghadapi tiga problem pokok bangsa yaitu; merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi, dan terakhir melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional. Serta juga ada factor human capital, Istilah Human Capital meliputi nilai ekonomi dari pengalaman dan keterampilan pekerja, bukan jumlah pekerjanya. Human Capital mencakup aset seperti pendidikan, pelatihan, kecerdasan, keterampilan, kesehatan, dan aspek-aspek lain yang berharga bagi employee, seperti loyalitas dan kedisiplinan. Jadi, fokus Human Capital lebih ke kualitas daripada kuantitas.

Mulai detik ini juga waktunya kita menuju ke Indonesia Emas.

Kita sebagai generasi emas jangan buru buru untuk menganggap Indonesia bakalan mendapat bonus demografi. Jangan sampai kita menjadi STRAWBERRY GENERATION yang artinya Indah, Manis, Tetapi Lunak/letoy. Nah, Kita sudah menjadi Mahasiwa UNUSA yang diharapkan menjadi Generasi Emas Unusa untuk Indonesiayang memiliki kesempatan berkontribusi membangun bangsa ini.

3 Hal yang harus disiapkan  mulai saat ini, yang pertama adalah ubah mindset. Yang kedua tingkatkan skill seat. Yang ketiga siapkan tool seat. Mengubah mindset dari SMA – Masa Awal kuliah yang awalnya senang senang menjadi focus untuk menyiapkan pondasi masa depan.

Yakni sudah berbeda konteks, Yang awalnya pelajar semua tugas di delivery oleh bpk/ibu guru, diajarkan oleh bpk/ibu guru, Di perkuliahan kita harus mandiri. Tidak menunggu dosen memberi arahan, Kita harus sudah belajar sendiri. Serta harus meningkatkan dan mengasah skill untuk kebutuhan saat sudah menjadi Sarjana serta masuk di dunia pekerjaan.

Skill yang kedua yaitu, CRITICAL THINKING SKILL

“The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing” -Albert Einstein

Critical thinking skill atau keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan informasi secara objektif dan rasional. Keterampilan ini juga mencakup kemampuan untuk menafsirkan dan menilai pengamatan, informasi, dan argumentasi.

Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Yang bertujuan Untuk menemukan Solusi terbaik.

Critical Thinking In Your life : (Personal Life, Professional Life, Academic Life, Spiritual Life).

Yang perlu kita siapkan mulai saat ini adalah Aktif belajar, Open Minded, Memisahkan Emosi dan Fakta, Jangan disesatkan dengan logika umum.


Disusun Oleh : Salsabila Mailany Putri

Lihat juga artikel teman : https://retnodewipuspaningrum18.blogspot.com/2024/09/pembinaan-gerakan-nasional-revolusi.html?m=1

Telusuri dari sumber lain :

Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/

Youtube : https://www.youtube.com/@unusa_official

X : https://x.com/unusa_official?lang=en

Tiktok : https://www.tiktok.com/@unusa_official


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME PKKMB PRODI

Resume 24 Dosen dan Tendik Unusa Lulus Sertifikasi Internasional Microsoft Certified Educator

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA